Kita sudah sampai disini:

promo26

Klik kanan di Project Borneo Motor 2, pilih New, pilih JFrame Form.
promo28
Beri nama Classnya dengan nama fUtama. Perhatikan isian Project, Location, Package, dan Created File.
Klik Finish.
promo29
Sudah terbentuk Form dari jenis SWING bernama komponen JFRAME. Mirip di Delphi dan VB bukan?…:-)
Jadi terima kasih sudah ada yang bikin Delphi dan VB. Kalau ndak ada 2 program itu, ya saya tidak bisa bikin program di Netbeans. :-)
Lanjut. Ambil komponen MENU BAR di SWING MENU di sebelah kanan atau PALLETTE.
Drag MENU BAR tadi ke atas JFrame.
promo30
Sudah jadi MENU BAR nya. SAVE dulu, baru RUN.
Apa yang terjadi? Tidak ada? Ya benar tidak ada. Hehehe. Coba klik gambar mata (Preview) di atas JFrame tadi.
promo31
Itu hasilnya ketika di PREVIEW. Kalau di ngetak ngetik di Ms. Word, sebelum ngeprint kita biasanya lihat Previewnya dahulu. Biasanya kan sesuai antara yang di Preview, dengan hasil Cetak. Kecuali Printernya Error, misalkan tindanya bocor, habis, kertang nyangkut, salah pasang kertas, dsb.
Nah, di Windows, ini yang saya rasakan waktu menggunakan Netbeans. Kalaupun ada IDE GUI DESIGNERnya, itu juga rumit sekali. Karenanya saya mau coba di Linux bagaimana. Apakah lebih mudah atau malah lebih sulit lagi. :-)
Ok. Preview terlihat di atas. Sekarang cara agar bisa di Running adalah:
Klik Tab BorneoMotor2.java.
Ketik didalam batas kurawal (Begin End)
public static void main(String[] args) {
//TODO code application logic here.
new fUtama().show();
}
promo32
Bagaimana? Sampai disini mirip-mirip saja dengan Visual Studio kan?… :-)
Klik Simpan. Running (F6).
Maaf saya tidak bisa tampilkan gambarnya, karena tidak selalu berhasil melakukan Capture di Ubuntu ini. Entah kenapa. Apakah anda berhasil melakukan EKSEKUSI programnya?… :-)
Kalau sudah berhasil, sekarang tinggal mengisi Properti JFRAMEnya agar ada Judul Form dan Tampil secara Maksimal.
Klik Tab fUtama.java.
Klik JFrame di Window Navigator sebelah kanan.
Klik Tab Properties di sebelah kiti bawah PALLETTE.
Isi Title dengan “Borneo Motor 2“.
Pada Source Code fUtama.java, ketik dibawah initComponents();
public fUtama() {
initComponents();
setExtendedState(MAXIMIZED_BOTH);
}
Test, Running atau F6.
promo34
Sekarang tinggal membuat menu-menunya sesuai dengan kebutuhan.
Close program yang di running tadi dengan klik tombol X.
Klik menu File di tab Design, ganti properti TEXT nya dengan Sistem.
promo35
Ambil komponen Menu Item di Swing Menu, drag ke Menu Sistem tadi.
promo36
Tambahkan 1 lagi JMenuItem dibawahnya.
promo37
Tambahkan Separator atau garis pemisah di tengah-tengah nya. Mungkin sama dengan saya nanti di Design ini tidak kelihatan, tapi ketika di RUNNING kelihatan batas pemisahnya.
Sayangnya tidak bisa di CAPTURE. Entah karena alasan apa. :-)
Ganti properti TEXT JMenuItem dengan Login, dan Mnemonicnya beri huruf l.
promo38
Mnemonic itu seperti tanda & kalau di Delphi dan VB. Buat menu kalau di tekan tombol ALT di Keyboard, ada garis bawahnya di huruf L itu nantinya. :-)
Berikutnya Menu Keluar, Mnemonic k.
promo40
Simpan dan test Running.
Bagaimana hasilnya? Saya masih tidak bisa Capture.:-)
Ok, sekian dulu Cara Membuat Menu Utama di Netbeans. Selanjutnya mungkin nanti Cara Membuat Ikon di Menu Utama. :-)
Terima kasih.